OPM Nantang Perang, Menhan Balas dengan Jentikan Jari

Posted on

Riaubertuah.com – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu sepertinya sudah sangat geram dengan perilaku Kelompok Separatis Bersenjata (KKSB) yang dikenal dengan sebutan Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Dalam sebuah unggahan video, OPM melontarkan tantangan perang dan sejumlah tuntutan lainnya.

Menanggapi hal itu, Rymizard tak gentar dan balik melontarkan tantangan kepada Tentara Pembebasan Nasional–Papua Barat (TPN–PB) itu.

Keterangan tersebut disampaikan Ryamizard di kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rabu (28/3).

“Ngajak perang? Ya perang saja. Orang ajak perang masa makan soto sih,” kata Ryamizard di Gedung Kemenhan, Jalan Merdeka Barat, Rabu (28/3/2018) kemarin.

Mantan kepala staf angkatan darat (KSAD) itu menegaskan, Indonesia siap memerangi setiap kelompok yang berniat mengganggu kedaulatan NKRI.

“Pokoknya kalau keselamatan bangsa, kemudian kedaulatan rakyat, dan keutuhan terganggu itu (urusan) tentara,” tegas dia.

Lebih lanjut, Ryamizard percaya TNI dapat menanggulangi ancaman ini dengan mudah.

“Mereka (OPM) mah kecil. Malu sama veteran kalau saya tidak berani,” ujar Ryamizard sambil menjentikkan jari.

Belakangan, OPM memang kembali berulah dengan menyerang aparat keamanan yang tengah bertugas.

Terakhir mereka membakar sejumlah fasilitas umum di Desa Banti, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (24/3/2018) lalu.

Berdasar data yang diperoleh Kodam XVII/Cendrawasih, fasilitas umum yang dibakar di antaranya rumah sakit, sekolah, dan asrama.

Selain itu, beberapa rumah juga dibakar OPM.

Aksi itu bukan satu-satunya peringatan dari KKSB tersebut. Mereka juga menyebar video yang berisi tantangan kepada TNI maupun Polri.

Sumber : pojoksatu.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *