Sebuah program KPR FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan), sangat membantu banyak masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki rumah.

Hal ini dibuktikan dengan jumlah pemohon yang semakin meningkat. Bagaimana tidak, selain harga yang terjangkau pembeli juga mendapat tenor panjang, yaitu 10 hingga 20 tahun, jelas saja rumah subsidi menjadi solusi bagi MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) yang ingin memiliki rumah.

Meski tawaran yang di gagas pemerintah ini cukup menarik, ternyata masih ada yang ragu untuk membeli rumah subsidi, karena berbagai asumsi yang muncul karena harga yang terbilang murah. Berikut ini keunggulan atau kelebihan kita memilih rumah subsidi.

Harga Terjangkau

Kelebihan pertama tentu Anda akan mendapatkan rumah dengan harga terjangkau. Seperti diketahui, rumah bersubsidi diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Jadi, harganya pasti disesuaikan dengan kemampuan kantong MBR.

Biasanya, Kemenpera memberi bocoran harga jual rumah bersubsidi yang akan dibangun di beberapa kota di Indonesia. Harga per unit rumah subsidi pun berbeda dari kota satu dengan kota lainnya.

 

Developer Tepercaya

Perlu diketahui tidak sembarang developer bisa berpartisipasi dalam program rumah subsidi ini,  developer telah terdaftar di beberapa asosiasi pengembang resmi seperti APERSI dan REI.

Selain itu, meski tergolong developer kecil, developer tersebut sudah memiliki beberapa proyek perumahan di kawasan lain yang telah rampung atau masih dalam proses penjualan. Sehingga, risiko adanya developer nakal pun sangat kecil.

 

Lokasi Potensial

Biasanya, rumah bersubsidi berlokasi di kawasan industri yang sedang dan akan berkembang nantinya. Kawasan-kawasan yang berada di dekat kawasan industri cepat sekali mengalami perkembangan dan akan menjadi kawasan strategis untuk dihuni.

Jarak menuju kawasan industri dari lokasi perumahan pun tidak terlampau jauh, hanya sekitar 7—15 km. Sehingga bagi warga yang bekerja di kawasan tersebut, lahan perumahan bersubsidi menjadi kawasan strategis untuk dihuni.

Bukan Rumah Inden

Tidak perlu cemas akan tangan-tangan nakal developer. Karena Kemenpera telah mengatur sedemikian rupa bahwa tidak ada sistem rumah inden untuk program rumah bersubsidi. Semua rumah sudah siap dihuni (ready stock), untuk menyikapi kasus risiko gagal terbangun.

Calon pembeli bisa mengecek langsung kondisi rumah di lokasi bersangkutan untuk memastikan bahwa rumah-rumah di lokasi tersebut telah terbangun baik dan terencana.

Syarat Mudah

Untuk mendapatkan rumah bersubsidi dari pemerintah, syarat yang harus dipenuhi tidaklah begitu sulit. Dalam Peraturan Kemenpera No. 3 Tahun 2014, disebutkan bahwa bila calon pembeli ingin membeli secara KPR-FLPP, maka harus memenuhi persyaratan.

Bagaimana tertarik membeli rumah subsidi? Bagi anda yang tingga di Kota Pekanbaru ingin memiliki rumah subsidi bisa menghubungi kami:

Riau Bertuah Property

0812 9090 3088

0812 6833 4005

0812 6833 4007