Jumat, 16 Februari 2024
Google search engine
BerandaRiauKamparGubernur Riau Kukuhkan Pengurus Lembaga Adat Kenegerian Tapung Periode 2023-2027

Gubernur Riau Kukuhkan Pengurus Lembaga Adat Kenegerian Tapung Periode 2023-2027

RIAUBERTUAH.COM – Gubernur Riau diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Sumber Daya Manusia Provinsi Riau, Yurnalis Basri, S.Sos, MSi, Sabtu (9/12/2023) secara resmi mengukuhkan kepengurusan Lembaga Adat Kenegerian Tapung (LAKTA) periode 2023 – 2027.

Kegiatan yang dipusatkan di Desa Sekijang Kecamatan Tapung Hilir ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Dr. H. Kamsol, MM yang juga pernah tercatat sebagai Pj. Bupati Kampar dan merupakan anak kemanakan Suku Piliang Kenegerian Sekijang.

Selain itu hadir pula Ketua Ikatan Keluarga Sungai Tapung (IKST) Riau H. Sapaat, SE. MBA Datuk Laksamana Mudo, Camat Tapung Hilir Nurmansyah, S.STP, Camat Tapung Sofiandi, Danramil Tapung , Kapolsek Tapung Hilir, Kades Sekijang Jon Kenedi, S.Pd Datuk Bandaro, Datuk – Datuk, Ninik Mamak, Alim Ulama, Cerdik Pandai, Pemuka Masyarakat, Dubalang Adat Tapung, Ibu – Ibu (Siompu) serta pemuda.

Dalam pengukuhan tersebut, dihadiri langsung Ketua MKA LAKTA terpilih yakni, Niskol Firdaus, S.I.Kom Datuk Sumajo, Ketua DPH LAKTA Dr. H. Ahmad Zikri, S.Ag. B.Ed. Dipl.AL, MH. C.Med Datuk Malin Mudo dan Panglima Besar Dubalang Adat LAKTA H Syafrianto, SH, MH hasil MUBES II tanggal 7 April 2023.

Dalam sambutannya Yurnalis menyampaikan, sebagai lembaga yang tegak dan berdiri dari dasar adat maka hendaknya LAKTA mampu menjalankan tugas yang krusial dan bisa menyatukan anak kemenakan sehingga kehidupan bisa berjalan dengan lebih terarah melalui panduan dan tatanan adat.

Selanjutnya Niskol Firdaus selaku Ketua MKA LAKTA menuturkan beberapa poin. Pertama, agar seluruh pengurus yang sudah di kukuhkan dapat bekerjasama untuk memajukan LAKTA demi terwujudnya cita cita dan tujuan LAKTA. Kedua, memohon kepada pemerintah agar menyelesaikan konflik-konflik yang terjadi antar masyarakat dan perusahaan yang terlibat dalam HGU dengan seadil-adilnya.

“Dalam perpanjangan HGU tersebut, kami harapkan pemerintah melibatkan Ninik Mamak setempat serta tidak mengabaikan adanya kearifan lokal. Dan juga mengembalikan Tanah Ulayat yang telah di ambil perusahan, dengan minimalnya 20 persen dari HGU berupa kebun plasma untuk masyarakat sesuai dengan Undang-undang dan peraturan yang berlaku,” tegasnya

Ketua DPH LAKTA Dr. H. Ahmad Zikri menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Datuk-datuk dan panitia. Teristimewa untuk panitia lokal yang telah membantu menyukseskan acara sehingga pengukuhan dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

“Sebagai Ketua DPH bersama jajaran pengurus LAKTA, kami akan melakukan dan bekerja dengan pihak manapun selagi tidak menyalahi aturan agama dan pemerintahan lewat program-program kerja yang bisa langsung dirasakan oleh anak kemanakan,” tekad Ahmad Zikri

Datuk Bandaro Mudo Jon Kenedi menambahkan, sebagai Kepala Desa Sekijang dan tuan rumah helat akbar ini menyampaikan tahniah atas pengukuhan Kepengurusan LAKTA periode 2023-2027. Dirinya berharap, LAKTA dapat bersinergi dalam membangun desa serta memajukan masyarakatnya.

“Contohnya, pembangunan fisik berupa jalan. Kami harapkan LAKTA dapat berperan aktiv ikut mendorong pihak-pihak terkait sehingga kebutuhan yang sangat didambakan masyarakat dapat segera terealisasi,” harapnya.

Sebagai penutup, Ketua Umum IKST Riau H. Sapaat, SE, MBA Dt Laksamana Mudo terus mendorong agar masyarakat Tapung mengokohkan dan mempererat silahturahmi. “Bolo anak kemenakan, perkuat akar dan batang adat istiadat untuk menghadapi imperialisme kebudayaan asing. Sehingga krisis identitas dapat kita redam dengan lokal wisdom atau dengan pelaksanaan adat di tempat kita masing masing serta dapat menjadi stakeholder pemerintah dalam konsep ‘Tigo Tungku Sejarangan. Yok lanjutkan yok,” himbaunya bersemangat.

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Informasi Populer