Kamis, 11 Juli 2024
Google search engine
BerandaLifestyleJFW 2024 Sukses Hadirkan Ratusan Desainer Ternama dan Potensial Tanah Air &...

JFW 2024 Sukses Hadirkan Ratusan Desainer Ternama dan Potensial Tanah Air & Luar Negeri

RIAUBERTUAH.COM – Jakarta Fashion Week 2024 (JFW 2024) yang menandakan tahun ke-16 penyelenggaraannya, telah sukses digelar pada 23 – 29 Oktober 2023 di The City Hall, Mall Pondok Indah 3. Ini merupakan tahun kedua kolaborasi Mall Pondok Indah 3 dan Jakarta Fashion Week.

Lebih dari 120 jenama dan perancang mode Indonesia serta mancanegara menampilkan koleksi terbaiknya di panggung JFW 2024 yang mengangkat tema #FashionContinuum #BridgingGenerations. Perhelatan akbar ini juga didukung oleh lebih dari 150 model yang berjalan di atas runway dalam 34 presentasi mode.

“Kami sangat senang karena Jakarta Fashion Week sekali lagi membuktikan bahwa kita adalah platform untuk insan kreatif berkreasi secara maksimal. Peran katalisator di Jakarta Fashion Week semakin besar dan merupakan cita-cita kita bersama dalam membesarkan jenama Indonesia untuk dicintai di Indonesia dan untuk bisa berkembang melampaui batas negara, yaitu menjadi desainer internasional,” kata Svida Alisjahbana, Chairwoman Jakarta Fashion Week & CEO GCM Group.

Kemitraan berkelanjutan Jakarta Fashion Week dengan para partner telah terbina dengan indah dan berkembang dalam merayakan talenta fashion Tanah Air. Bersama POND’S Age Miracle, JFW menghadirkan 35 Female Fashion Frontiers–para perempuan dari berbagai profesi yang telah mengubah wajah fashion Indonesia, mulai dari perancang mode dan aksesori, penata gaya, model, hingga ilustrator dan fotografer.

Bentuk dukungan Buttonscarves Beauty terhadap JFW 2024 pun menegaskan bahwa makeup merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari runway. Lini kecantikan dengan tagline “Limitless Beauty” ini mendukung hasil karya seluruh desainer dan look yang ditampilkan pada Jakarta Fashion Week 2024.

Kemeriahan seluruh acara JFW 2024 ditutup dengan pagelaran Dewi Fashion Knights selama dua malam berturut-turut, yaitu pada hari Sabtu (28/10/2023) dan Minggu (29/10/2023). Hari pertama Dewi Fashion Knights mengangkat tema “The Visionary” yang menampilkan hasil karya jenama ready-to-wear yang inovatif Jan Sober, Rama Dauhan Design Studio, dan Byo. Hari kedua Dewi Fashion Knights bertajuk “The Artistry” mempersembahkan dua desainer adibusana yang terkenal akan kepiawaian rancangan dan kerumitan pengerjaan tangan, yaitu HIAN TJEN dan MAHIJA.

Menyajikan Pengalaman Retail

Tak hanya menyuguhkan pagelaran busana, JFW juga menghubungkan para desainer, jenama, dan pencinta fashion melalui Dewi’s Luxe Market dan Fashionlink yang dilaksanakan bersamaan dengan JFW 2024 di Mall Pondok Indah 3.

Dewi’s Luxe Market yang berlokasi di Main Atrium, Lantai Dasar, Mall Pondok Indah 3 mempertemukan semua orang yang antusias dengan gagasan fashion, beauty, dan lifestyle. Jenama dan desainer yang menjadi bagian dari Dewi’s Luxe Market antara lain adalah Nagita Slavina, Alini, Juara Beauty, FUGUKU, BINhouse, Sejauh Mata Memandang, Surya Abduh x Dekranasda Medan, Bluesville, TobaTenun, WIMO SHOES, LANIVATTI, Suedeson, Putri Pare Setiawati, ANW, dan Saroong Atelier. Selain itu, area Dewi’s Luxe Market juga menjadi ruang untuk berbincang dengan desainer dalam talk show yang membahas fashion dan isu terkini yang menjadi perhatian banyak orang.

Fashionlink yang berlokasi di Lantai 2, Mall Pondok Indah 3 memamerkan jenama dan desainer ready-to-wear yang tampil di JFW 2024. Mereka adalah Aleza, alex[a]lexa, Cottonink, Dekranasda

Provinsi NTT, Holy Peony, Lozy Hijab, Moorooah, Nadjani, NASL by Nagita Slavina, Nona Rona, Parté, Rahina Indonesia, Renóa, Rona Studio, Saul, dan Soloputri serta koleksi eksklusif dari Callie Homme, Glashka, Nir Ada, Saba Modest, shop at velvet, dan Starry.

Lahirkan Bibit-Bibit Kreatif Baru

Ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh JFW menjadi salah satu bagian penting dalam perayaan tahun ini. Lomba Perancang Mode 2023 bertujuan untuk mencari desainer terbaik sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 1979. Dewan juri dari JFW, Asia Pacific Rayon (APR), dan Istituto Marangoni bersama Sebastian Gunawan dan Hian Tjen menyaring ratusan karya peserta LPM 2023 dengan tema “Authenticity” untuk memilih 10 finalis. Pemenangnya adalah Lutfiana Rusda, yang koleksi “Jati Diri”-nya membuat Sang Desainer mendapatkan hadiah fashion short course di Istituto Marangoni. Yang terpilih sebagai pemenang APR Award adalah Nurfathiyah Mualifah Qalbi dengan judul koleksi “In My Blooming Era”.

Fashion Force Awards 2023 diselenggarakan untuk memberikan apresiasi kepada jenama lokal paling menjanjikan yang dipilih oleh Jakarta Fashion Week, Fashionlink, Istituto Marangoni, Domus Academy, dan Brightspot bersama Olivia Lazuardy. Jenama Saya terpilih sebagai pemenang Fashion Force untuk kategori ready-to-wear dan mendapatkan hadiah dari Domus Academy. Jenama ISSHU berhasil menjadi pemenang Fashion Force untuk kategori aksesori dan mendapatkan hadiah dari Istituto Marangoni.

Sinergi Dalam Kolaborasi

Kolaborasi yang dilakukan oleh JFW dengan berbagai pihak memiliki kontribusi besar bagi peningkatan kemampuan dan kapasitas para desainer. Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta melibatkan Abang None Jakarta pada rangkaian konferensi pers JFW 2024.

Dekranasda Provinsi Nusa Tenggara Timur bersinergi dengan jenama dan desainer terbaik, yaitu Temma Prasetio, Studio Jeje, dan Maya Ratih, dalam mengangkat kekayaan wastra NTT. Kota Medan pun saling bahu-membahu membawa kemajuan positif bagi kain ulos dengan menggandeng tiga perancang ternama, yaitu Surya Abduh, Riki Damanik, dan Harry Hasibuan.

Berbicara mengenai fashion tentu tidak semata-mata tentang busana. Lebih dari itu, fashion merupakan sebuah ekosistem yang saling berhubungan antara desainer dan lingkungan yang mendukungnya. Menyadari hal itu, bersama Brightspot, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, JFW mengundang jenama lokal yang potensial untuk bergabung dalam salah satu pameran dagang terbesar di Amerika.

Kedutaan Besar Australia di Indonesia dan Victorian Government juga membawa dua desainer asal Victoria, yaitu Wa-ring dan Yanggurdi, ke panggung JFW untuk memamerkan koleksi yang diunggulkan bersama desainer Indonesia Danjyo Hiyoji. Sebagai bagian dari perayaan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Korea, Korean Creative Content Agency (KOCCA) mempersembahkan koleksi LIE by Lee Chung Chung dan VEGAN TIGER.

Proses membangun ekosistem fashion yang mantap tentu tak bisa lepas dari peran serta para sponsor yang selalu aktif dalam mendukung. Tahun ini JFW 2024 didukung pula oleh banyak brand ternama seperti Lux Body Wash, Infinix, Philips Handheld Steamer, Epson, Asia Pacific Rayon, Daliatex Kusuma, Modinity Group, InterContinental Jakarta Pondok Indah, Vastuhome, L’Oréal Professionnel, Artisan Pro, Four Seasons Jakarta, Mr.Ishii Konnyaku and Shirataki Yellow Fit Kitchen, Jumpstart, Golden Sparkling, Bank Mandiri, KJRI New York, Kedubes Australia, Government of Victoria, KOCCA Indonesia, AMFOC, HDII Jakarta, Biroe, TACO, CELLUX, VMID, Rica Ishak, Dintera, TMS Creative, Eschol Green, Aqua, Gouw, Fore Coffee, Teazzi, Sunpride, Sunpride Lyfe, Hometown Dairy, Panasonic Television, iSeller, Viro, Idefab, Jumah Cenik, Hilios Power Quantum, Accoustic Pro, Chroma, CBN, East Indies Gin, Nusantara Cold Brew, Bacardi, SKYY Vodka.

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Informasi Populer