Sabtu, 22 Juni 2024
Google search engine
BerandaUMKMTekad Gubernur Syamsuar UMKM Halal Riau Mendunia

Tekad Gubernur Syamsuar UMKM Halal Riau Mendunia

RIAUBERTUAH.COM – Dalam rangka mengembangkan ekosistem keuangan syariah, Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si aktif mempromosikan produk halal lokal Negeri Melayu Lancang Kuning ke pasar internasional dengan dukungan program UMKM Halal Hub (UHH). UHH merupakan inisiatif yang didukung oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, dengan tujuan memajukan UMKM yang menghasilkan produk halal.

Program ini mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas produk halal serta memastikan kontinuitasnya untuk pasar ekspor. Halal Hub berfokus pada pembangunan ekosistem produk halal yang berbasis platform digital.

Pada tanggal 21 September 2023, Gubri Syamsuar menjalankan upayanya dengan melakukan pertemuan bersama Yuwono Wicaksono, CEO dan Pendiri Goorita, yang bertanggung jawab atas UMKM Halal Hub. Dalam pertemuan tersebut, mereka membahas program pengembangan produk halal di Riau, termasuk potensi sumber daya produk di wilayah tersebut.

Gubri Syamsuar juga turut aktif dalam mempromosikan produk-produk lokal Riau seperti sagu, ikan patin, nenas, talas, kelapa, kopi liberika, dan lainnya. Tujuannya adalah agar UHH dapat menjadi program berkelanjutan yang meningkatkan kualitas dan kuantitas produk halal Riau serta memanfaatkan platform digital untuk membantu pelaku usaha bersaing di pasar lokal dan global.

Selain itu, Gubri mengharapkan kolaborasi dari berbagai pihak untuk mengembangkan produk halal ini dan meningkatkan daya saingnya. Yuwono Wicaksono juga menekankan pentingnya menggerakkan UMKM di daerah, mengembangkan ekosistem halal, dan meningkatkan standar produk agar dapat bersaing dan memenuhi kapasitas ekspor. Mereka berkomitmen untuk bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dalam percepatan zonasi-zonasi halal (Zona KHAS) dan pengembangan UMKM Halal Hub di Pekanbaru, Riau.

Sony, dalam pertemuan tersebut, menjelaskan bahwa kegiatan yang akan dilakukan berfokus pada kurasi produk, pelatihan, perbaikan branding, dan penetrasi pasar hingga ekspor. Selain itu, mereka akan memberikan program sertifikasi halal gratis kepada pelaku UMKM di sektor kantin dan restoran di wilayah Riau. Hal ini merupakan langkah yang berarti dalam memajukan industri halal di Riau.

Sumber : Cakaplah

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Informasi Populer