Rabu, 24 Juli 2024
Google search engine
BerandaRiauKamparHasil MUBES II Tetapkan Niskol Firdaus dan Ahmad Zikri Pimpin Lembaga Adat...

Hasil MUBES II Tetapkan Niskol Firdaus dan Ahmad Zikri Pimpin Lembaga Adat Kenegerian Tapung

RIAUBERTUAH.COM – Lembaga Adat Kenegerian Tapung (LAKTA) secara resmi menggelar Musyawarah Besar (MUBES) II pada 7 April 2023 lalu atau bertepatan dengan 17 Ramadhan 1444 H di Pondok Pesantren Baituddin Desa Petapahan Kecamatan Tapung.

Kegiatan MUBES dihadiri datuk-datuk pucuk pimpinan adat dari Tapung Kiri maupun Tapung Kanan serta Ninik Mamak dari 12 Desa yang berada di Kecamatan Tapung, Kecamatan Tapung Hulu dan Kecamatan Tapung Hilir. Hasilnya, Niskol Firdaus, S.I.Kom Datuk Samajo pucuk pimpinan adat Kenegrian Danau Lancang terpilih menjadi Ketua MKA LAKTA dan DR. H. Ahmad Zikri, S.Ag, B.ED, DI.PL., MH Datuk Malin Mudo sebagai Ketua Harian LAKTA masa bakti 2023-2027.

Ketua Panitia MUBES II H Sapaat, SE, MBA Datuk Laksamana Mudo mengatakan, acara MUBES di hadiri oleh seluruh Datuk Pucuk dan Ninik Mamak/Datuk Persukuan yang ada di setiap Kenegerian Tapung  Kanan dan Tapung Kiri (Kecamatan Tapung Hulu dan Kecamatan Tapung Hilir). “Alhamdulillah acara berlangsung sukses dan lancar,” ujar Sapaat singkat

Dalam mubes tersebut, lanjut Sapaat, setelah melewati berbagai rangkaian dan proses diskusi yang cukup dinamis, akhirnya forum sepakat dan  menetapkan bahwa tanggal 7 April 2023/17 Ramadhan 1444 H adalah Mubes II LAKTA.

Adapun dalam MUBES LAKTA tersebut dihasil keputusan sebagai berikut :

  1. Menetapkan acara pertemuan Ninik Mamak dan pemangku adat kenegerian Tapung tanggal 7 April 2023 atau 16 Ramadhan 1444 H sebagai Musyawarah adat seperti yang disebutkan dalam anggaran dasar organisasi Lembaga Adat Kenegrian Tapung (LAKTA);
  2. Menetapkan Absensi kehadiran pertemuan tanggal 7 April 2023/16 Ramadhan 2023 menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam ketetapan ini;
  3. Menyatakan kepengurusan berdasarkan SK Nomor 01/SK/LAKTA/0I/2019 tanggal 1 Januari 2019 atau 24 Jumadil Awal 1440 H demisioner dan/atau selesai;
  4. Mengangkat dan menunjuk kepengurusan baru berdasarkan musyawarah untuk mufakat;
  5. Menetapkan dan memerintahkan pengurus baru untuk menyempurnakan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Lembaga Adat Kenegrian Tapung (LAKTA).

Acara MUBES di pimpin oleh Niskol Firdaus.,S.I.Kom Datuk Samajo Danau Lancang, Suhaili Husin Datuk Bandaro Mudo Batu Gajah, Jon Kenedi Datuk Bandaro Mudo Sekijang, Said Husin Datuk Bandaro Mudo Kasikan, Zamra Datuk Bimbo Sungai Oguong, Drs. Khaidir Muluk, M.Si Datuk Majo Indo Petapahan, Zulkifli IR Datuk Batin Sagale Bencah Kelubi. Turut hadir Panglima Besar Dubalang Tapung H. Feri beserta pasukannya, beberpa tokoh pemuda dan masyarakat sebagai peninjau.

Pengurus demisioner Rais Hasan Piliang (RHP) Datuk Bagindo Mudo menyampaikan LAKTA sebagai organisasi Ninik Mamak di Tapung harus menjadi pelopor perbaikan struktur keberadaan fungsi adat yang berada berdampingan dengan pemerintah sehingga konsep Tigo tungku sejarangan dapat di implemantasikan di tengah-tengah masyarkat Tapung  yang bertujuan untuk melindungi kepentingan masyarakat adat atau anak kemanakan.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPH LAKTA terpilih Ahmad Zikri Datuk Malin Mudo menyampaikan bahwa secara kelembagaan dan atas nama Ninik Mamak dari Tapung Kanan dan Tapung Kiri meinta dan mengharapkan 2 poin penting yang perlu diketahui dan disampaikan kepada pihak pemerintah pusat dan daerah sekaligus menjadi rekomendasi MUBES II LAKTA yakni:

  1. Meminta kepada pemerintah pusat untuk kembali menetapkan DR. H, Kamsol sebagai PJ Bupati Kampar berikutnya karena selama kepemimpinan beliau Kampar dapat bergerak kearah kemajuan .
  2. Meminta kepada Pemerintah pusat dan daerah untuk menjadikan Tapung sebagai DOB (Daerah Otonomi Baru)/Kabupaten baru karena Tapung sebagai daerah kaya yang perlu diberi kesempatan menentukan arah pembangunannya sendiri.
BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Informasi Populer